Pada 16 Januari 2024, Husqvarna merilis all-new Vitpilen (cafe racer) dan Svartpilen (scrambler) di semua lineup yaitu 125, 250, dan 401. Ini merupakan update yang sangat signifikan sejak generasi 2018, sobat apex. Anyway, kali ini kita akan membahas Vitpilen, khususnya Vitpilen 401 ya, karena pada dasarnya semua lineup itu sama, hanya beda di cc aja. yuk mari simak penjelasannya!
![2024 Husqvarna Vitpilen 401 tampak depan](https://apexmoto.id/wp-content/uploads/2024/01/3-2-1024x576.png)
Perubahan 2024 Vipilen 401 yang sangat jelas terlihat selain desain adalah pada mesinnya, ini merupakan mesin baru yang dikembangkan oleh KTM dan sudah dipakai di all-new 2024 KTM DUKE 390, ya sobat apex. Mesin LC4c 399 cc bertenaga 45 hp (horse power), dan juga sudah Euro 5+, mengutip dari KTM mesin ini diklaim lebih ringan dibanding generasi sebelumnya. Selain itu, All-new Vitpilen juga memiliki rangka tralis baru, desain swing arm baru dengan penempatan shock belakang di samping atau off-center.
Vitpilen 401 dan Svartpilen 401, mempunyai teknologi yang sama, diantaranya ada cornering MTC, 2 mode berkendara, suspensi WP adjustable, pengereman ByBre, dan sensitive cornering ABS dari Bosch. Dilengkapi juga dengan Easy Shift untuk mempermudah saat pergantian gigi, juga 5 inci bonded glass TFT yang bisa dikoneksikan dengan smartphone. Memang upgradenya luarbiasa ya, apalagi bagian dashboard yang dulunya masih digital. Untuk spesifikasi lengkap bisa dibaca pada tabel di bawah ya, sobat apex.
![2024 Husqvarna Vitpilen 401 detil](https://apexmoto.id/wp-content/uploads/2024/01/5-2-1024x576.png)
Desain 2024 Vitpilen 401
Sekarang kita akan membahas tentang desain dari motor ini. Dibandingkan model Vitpilen 401 2018, perubahannya tidak begitu jauh dan masih ada DNA yang diwariskan. Yaitu, garis tarikannya sangat tegas, bentuk tangkinya, desain lampu depan dan belakang, bahkan spion aj masih sama wkwkw. Namun, kalau diperhatikan model 2024 ini terlihat lebih terbuka di bagian mesin, ini bertujuan supaya mudah saat proses servis ya, sobat apex.
![2024 Husqvarna Vitpilen 401 tampak belakang](https://apexmoto.id/wp-content/uploads/2024/01/4-2-1024x576.png)
Sedangkan, kalau dilihat pada area kemudi, generasi baru ini menggunakan flatbar, tidak seperti generasi sebelumnya yang menggunakan clip bar. Sehingga, kesan cafe racernya berkurang, ya sobat apex. Perubahan digantinya menjadi flat handlebar ini bukan tanpa sebab, ini mengurangi berat dan menambah responsifitas saat berkendara. Sesuai dengan visi Vitpilen 401 yang baru ini, yaitu, bisa digunakan untuk pemakaian sehari-hari hingga touring. Selain itu, dari segi ergonomi, ada pengurangan tinggi jok sebesar 15mm menjadi 820 mm dari generasi sebelumnya.
Perbedaan yang menonjol juga bisa dilihat dari desain kenalpot yang sekarang menjadi underbelly. Spakbor belakang yang dulunya memakai hugger, sekarang menyambung dengan jok belakang. Kalau apexmoto sih masih suka desain yang lama ya untuk bagian spakbor belakang. Sedangkan footstep untung pembonceng juga berubah, kalau dulu nyambung dengan mesin dan terlihat clean, sekarang menyambung dari frame belakang ya. Ini bisa karena desain frame belakang yang sudah tidak tralis lagi, sobat apex.
![2024 Husqvarna Vitpilen 401 tampak depan belakang](https://apexmoto.id/wp-content/uploads/2024/01/2-2-1024x576.png)
Harga dan tanggal launching di Indonesia
Untuk harga, motor ini dibrandol £5.599 di UK, jika dikurskan ke indonesia sebesar Rp110.900.798,- (Rate: 1 GBP = 19.807,3 IDR 18/01/2023), ternyata kalo diindo baru dapet yang 250cc, sobat apex. Menurut info dari Husqvarna Global, semua lineup Vitpilen dan Svartpilen akan dipasarkan mulai Februari. Akan tetapi itu berbeda setiap negara ya, untuk Indonesia, bisa bertanya langsung ke akun official Husqvarna Indonesia @husqvarna.id. Karena kemungkinan juga bisa masuk indo nantinya, jadi tunggu aja ya.
Spesifikasi 2024 Husqvarna Vitpilen 401
Specs | All-New 2024 Vitpilen 401 |
---|---|
Engine (Mesin) | 398.6 cm³ |
1-cylinder, 4-stroke | |
Stroke | STROKE 64 mm |
Compression (Kompresi) | Liquid cooled |
Bore | 89 mm |
Power (Tenaga) | 33 kW |
Torque (Torsi) | |
Regulations (Regulasi) | Euro 5.2 (CO2 EMISSIONS: 79 g/km) |
Clutch | 6-speed, Clutch PASC™ antihopping clutch, mechanically operated |
Bosch EMS with RBW | |
Front suspension (suspensi depan) | WP APEX 43, travel 150 mm |
Rear suspension (suspensi blkg) | WP APEX – Monoshock, travel 150 mm |
Front brakes (rem depan) | BYBRE 320 mm, opposed 4 piston caliper, brake disc |
Rear brakes (rem blkg) | BYBRE 240 mm, 2 piston floating caliper, ABS Bosch 9.3 MP (Cornering & Supermoto ABS) |
Front Tyre (ban depan) | Cast aluminium 17″ wheels with 6-spoke Michelin Power 6 tyres |
Rear Tyre (ban blng) | |
Seat hight (tinggi jok) | 820 mm |
Weight (berat) | (without fuel) 154.5 kg |
Tank Capacity (kapasitas tangki) | 13 L (3.4L/100 km) |
Other (fitur lainnya) | 5″ TFT display. DRL Lights.Bluetooth connectivity. Anti-Thef. Motocycle Traction Control. Steel trellis frame, powder coated |
Galery lengkap ada di instagram @apexmoto.id