Suzuki baru saja merilis motor terbaru mereka, yaitu Suzuki GSX 8R. Diluncurkan di acara EICMA di Milan, Italy bulan november kemarin bersamaan dengan GSX-S1000GX. Apa aja fiturnya? Yuk, kita kupas seperti apa detilnya.
Pertama-tama, yang pasti menarik perhatian adalah mesinnya. GSX-8R hadir dengan mesin 776cc parallel-twin 2-cylinder inline dengan konfigurasi 270°. Mesin ini 4-stroke DOHC dan liquid-cooled dengan rasio kompresi 12.8:1. Mesin 2-cylinder ini merupakan mesin baru yang dikembangkan oleh Suzuki. pertama kali dipakai oleh GSX-8S versi naked, dan V-STROM 800DE yang launching duluan beberapa bulan sebelumnya.
Dari segi performa, GSX-8R mampu menghasilkan power sebesar 83.1hp atau sekitar 61.9kW pada 8500 rpm, dengan torsi mencapai 78 Nm atau sekitar 57.5 lb-ft pada 6800 rpm. Karena regulasi di Eropa sangat ketat, semua motor Suzuki dengan mesin ini sudah setandar Euro 5.
![GSX8R yellow tampak samping 2](https://apexmoto.id/wp-content/uploads/2023/12/GSX800-yellow-1-1024x683.png)
Transmisinya dibekali dengan 6-speed gearbox dilengkapi quickshifter, memberikan pengalaman berkendara yang lebih mulus dan responsif. Tak hanya itu, fitur keselamatan juga menjadi fokus utama. Terdapat ABS di kedua roda, serta rem depan menggunakan Nissin radial-mount 4-piston calipers dengan twin disc. Rem belakangnya pun dilengkapi Nissin 1-piston caliper dengan single disc.
Suspensinya GSX-8R ini dari SHOWA, dengan suspensi depan tipe inverted telescopic atau USD, sementara suspensi belakangnya menggunakan SHOWA link type, coil spring, dengan oil damper.
Oh ya, soal ergonomi, tinggi joknya sekitar 810 mm atau sekitar 81 cm. Bobotnya sekitar 205 kg dengan kapasitas tangki 14.0 L, lumayan lah buat perjalanan jarak jauh.
![suzuki gsx-r picture front view](https://apexmoto.id/wp-content/uploads/2023/12/2-1024x576.png)
Harga, desain, dan rivals
Untuk harganya, GSX-8R ini dibandrol $9.439 atau sekitar Rp146.006.161 (kurs pada 12/04/2023). Kalo masuk ke Indonesia tinggal kalikan sekitar 125% aja, emang mahal pajaknya.
Dilihat dari desainnya, GSX-8R memang sangat ganteng sekali, kalo saja diimplemetasikan ke desain GSX 150 2025 pasti bisa ngalahin yang lain nih pastinya. Suzuki big bike emang lebih keren dibanding cc kelas bawah, ini dikarenakan big bike Suzuki dihandle langsung oleh Suzuki Jepang dan Eropa ya, sobat apex.
Sedangkan Rivals dari Suzuki ini adalah Yamaha R7, Aprilia RS660, dan CBR650R. Jadi, bagi yang ingin memiliki motor kelas supersport, Suzuki GSX-8R bisa jadi pilihan menarik! (misalnya kalau dipasarkan di Indonesia). Bagaimana pendapat kalian?
Specs | Details |
Engine | 776cc parallel-twin |
2-cylinder inline. 270° | |
4-stroke DOHC | |
liquid-cooled | |
Compression ratio: 12.8:1 | |
Power | 83.1hp / 61.9kW @ 8500 rpm |
Torque | 78 Nm / 57.5 lb-ft @ 6800 rpm |
Regulations | Euro 5 |
Clutch | Wet, multi-plate type |
6 speed w/ quickshifter | |
Front suspension | SHOWA inverted telescopic, coil spring, oil damped |
Rear suspension | SHOWA link type, single shock, coil spring, oil damped |
Front brakes | NISSIN, Radial-mount 4-piston calipers, twin disc, ABS |
Rear brakes | NISSIN, 1-piston caliper, single disc, ABS |
Front Tyre | Tyres F: 120/70ZR17M/C (58W), tubeless |
Rear Tyre | Tyres R: 180/55ZR17M/C (73W), tubeless |
Seat hight | 810 mm (31.9 in.) |
Weight | 205 kg (452 lb.) |
Tank Capacity | 14.0 L (3.7 US gal.) |
Suzuki GSX 8S Gallery
follow apexmoto.id di instagram